Jumat, 06 Mei 2011

SEPERTI APA PROFIL KECERDASAN ANDA?


(Kuis Multiple Intelligence)
Untuk memahami profil kecerdasan anda, jawablah kuis di bawah ini dengan memberikan angka pada setiap pernyataan yang menggambarkan diri anda. Jika pernyataan ini agak kurang tepat menggambarkan diri anda, anda bisa memberikan angka 4, 3, 2 atau 1. bila sama sekali tidak tepat menggambarkan diri anda, beri angka 0. gunakan angka dari 0 sampai 5 untuk menilai setiap pernyataan.

No
Pernyataan
nilai
1
Saya sangat suka bekerja dengan obyek.

2
Saya dapat dengan mudah mengenali arah.

3
Saya punya kemampuan untuk membantu menyelesaikan perselisihan di antara kawan saya.

4
Saya dapat dengan mudah mengingat kata yang ada dalam sebuah lagu.

5
Saya dapt menjelaskan topik yang rumit menjadi sesuatu yang sederhana dan mudah dimengerti.

6
Saya selalu mengerjakan sesuatu selangkah demi selangkah

7
Saya mengenali diri saya dengan baik dan mengerti prilaku saya

8
Saya menyenangi kegiatan yang melibatkan banyak orang.

9
Saya mudah belajar dengan cara mendengarkan ceramah dan diskusi

10
Saya merasakan perubahan mood saat mendengarkan musik.

11
Saya menikmati puzzle, TTS, dan persoalan yang melibatkan logika.

12
Dalam belajar, grafik, gambar, diagram, flowchart, penting bagi saya.

13
Saya peka terhadap mood dan perasaan orang lain di sekitar saya.

14
Saya belajar lebih maksimal bila saya daapt bergerak dan mengerjakannya sendiri.

15
Saya memelihara atau menyukai hewn atau tanaman.

16
Saya harus bisa melihat manfaat yang bisa saya dapatkan sebelum saya memulai mempelajari sesuatu.

17
Saya membutuhkan privasi dan ketenangan saat bekerja dan berpikir.

18
Saat mendengarkan musik, saya alat musik apa saja yang digunakan.

19
Saya dapat dengan mudah mengingat dan melihat kejadian yang pernah saya alami.

20
Saya suka dan tertarik dengan topik yang berhubungan dengan lingkungan.

21
Saya mempunyai perbendaharaan kata yang luas dan dapat mengungkapkan diri dengan baik dengan menggunakan kata-kata tersebut.

22
Saya suka mencatat.

23
Saya memiliki keseimbangan tubuh yang baik dan menikmati kegiatan fisik.

24
Saya mengerti pola dan hubungan yang terdapat dalam pengalaman atau kejadian.

25
Saya mampu bekjersama dalam satu kelompok.

26
Saya mengerti cara kerja tubuh dan memperhatikan kesehatan saya.

27
Saya tanggap dan jeli, seringkali melihat sesuatu yang terleweatkan oleh orang lain.

28
Saya mudah gelisah (mis: karena harus duduk diam dalam waktu yang lama).

29
Saya sukabekerja atau belajar sendiri (tidak perlu ditemani orang lain).

30
Saya suka musik atau membuat lagu.

31
Saya suka bekerja dengan angka dan memecahkan soal matematika.

32
Saya bisa membaca arah perubahan cuaca berdasarkan kondisi alam.


Setelah anda memberikan nilai pada semua pernyataan di atas, sekarang pendahkan angka tersebut pada bagian di bawah ini
Kecerdasan
Pernyataan
Total Skor
Linguistik
        5    9    21   22
Nilai ..... ..... ..... .....

Matematika dan logika
        6    11   24   31
Nilai ..... ..... ..... .....

Visual
dan spasial
        2    12   19   27
Nilai ..... ..... ..... .....

Musik
        4    10   18   30
Nilai ..... ..... ..... .....

Interpersonal
        3    8   13    25
Nilai ..... ..... ..... .....

Intrapersonal
        7    16   17   29
Nilai ..... ..... ..... .....

Kinestatik
        1    14   23   28
Nilai ..... ..... ..... .....

Naturalis
        15   20   26   32
Nilai ..... ..... ..... .....



Setelah anda dapat skor untuk masing-masing kecerdasan, kini pindahkan skor tersebut pada roda Multiple Intelligence di bawah ini. Beri warna yang berbeda pada bidang yang mewakili setiap jenis kecerdasan sesuai dengan skor anda.
Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah berapa pun skor anda, tinggi atau rendah, sama seklai tidak ada hubungannya dengan apakah anda pintar atau bodoh. Skor yang berbeda menunjukkan kekuatan kecerdasan dominan anda. Semakin tinggi skor anda berarti semakin sering anda menggunakan dan mengasah kecerdasan ini. Skor yang rendah berarti anda belum secara maksimal mengasah dan mengembangkan kecerdasan ini. Apakah skor yang rendah, suatu saat nanti bisa menjadi tinggi? Tentu bisa, asal anda mau melatih dan mengembangkan kecerdasan anda.
Enam cara untuk melatih dan mengembangkan multiple intelligence di dalam ruang kelas.

Interpersonal
1.      Kembangkan kerja asma di antara murid.
2.      Lakukan pengelompokkan secara acak maupun dengan kriteria tertentu.
3.      Jelaskan cara anda melakukan pengelompokkan dan ragam dari metode pembelajaran yang anda gunakan.
4.      Ajarkan pada murid bagaimana bersikap dan bermain dengan rekannya.
5.      Tetapkan aturan kelas bersama dengan murid.
6.      Tetapkan tujuan pembelajaran dan bekerja bersama mencapai tujuan itu.

Intrapersonal
1.      Sediakan waktu yang cukup untuk melakukan refleks danberpikir.
2.      Bersikap sabar dan menjawab pertanyaan yang bersifat terbuka dan filosofis (membutuhkan jawaban mendalam).
3.      Pelajari filosofi untuk anak-anak dan mulai menggunakannya sebagai tambahan materi pelajaran.
4.      Perhatikan dan hargai perasaan dan motivasi sebagai bagian dari kesempatan berbagi cerita, pengalaman dan kesan.
5.      Gunakan peta pikiran dan tembok aspirasi/mural.
6.      Gunakan label positif untuk setiap anak.

Linguistik
1.      Kurangi waktu bicara anda dan beri kesempatan lebih banyak untuk murid berbicara.
2.      Libatkan diskusi, debat, collaborative learning.
3.      Beri kesempatan pada anak untuk menjelaskan pengertiannya dengan menggunakan bahasanya sendiri.
4.      Gunakan teknik kata atau kalimat kunci.
5.      Ajarkan dan minta anak untuk menyusun presentasi atau makalah.
6.      Ajarkan pada anak teknik berbicara dan mendengar yang baik dan benar.

Matematika dan Logika
1.      Jelaskan langkah yang anda gunakan dalam mengajar dan m enjelaskan mengapa anda menggunakan cara tersebut.
2.      Sering-sering menggunakan angka atau permainan yang melibatkan angka.
3.      Carilah hubungan antara matematika dan praktek kehidupan sehari-hari.
4.      Ajarkan cara melakukan kategorisasi, klasifikasi, prioritas dan keterampilan memprediksi.
5.      Ajarkan metode pemecahan masalah yang dapat digunakan dalam berbagai disiplin ilmu dan keadaan.
6.      Promosikan permainan yang melibatkan kemampuan berpikir lateral, misalnya dengan memberikan lateral thinking puzzle.

Visual dan Spasial
1.      Gunakan poster atau peta pikiran sebagai referensi.
2.      Ganti poster atau peta pikiran secara rutin.
3.      Ajarkan cara membuat peta pikiran, poster, flowchart atau grafik untuk melengkapi kemampuan murid dalam mencatat.
4.      Gunakan model atau alat peraga.
5.      Beri tugas yang melibatkan pembuatan gambar atau poster.
6.      Gunakan tumbuh anda sebagai alat bantu visual dalm spasial dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Kinestatik
1.      Libatkan fisik secara umum dalam proses pembelajaran.
2.      Lakukan rehearsal melalui gerakan, permainan peran, simulasi dan kegiatan praktis lainnya.
3.      Berikan rehat fisik secara rutin sambil melakukan permainan, seeprti Brain Gym.
4.      Beri kesempatan pada murid untuk mengungkapkan pengertiannya dengan membuat atau memanipulasi obyek.
5.      Buatlah montase atau mural.
6.      Tetapkan target untuk meningkatkan diri dalam bidang olahraga atau kecakapan yang melibatkan kemampuan koordinasi tubuh.

Musik
1.      Gunakan musik sebagai tanda waktu untuk  mengerjakan tugas, untuk memulai dan mengakhiri sesi pembelajaran, mengubah mood dan meningkatkan energi atau relaksasi.
2.      Gunakan musik untuk membantu mengingat materi.
3.      Ajarkan dan tingkatkan ketertarikan murid pada musik melalui pelatihan atau kegiatan ekstra kurikuler.
4.      Beri kesempatan kepada murid untuk menceritakan musik kesukannya, mengapa ia suka pada musik itu dan izinkan ia untuk memainkan atau mendengarkan musik itu di kelas.
5.      Bermain dengan musik/lagu dengan cara mengubah lirik, noda, tempo, volume atau keras-lembut, sebagai bagian dari eksplorasi ke dunia musik.
6.      Memainkan berbagai jenis lagu atau musik dan meminta murid untuk menjelaskan apa yang mereka rasakan.

Naturalis
1.      Melakukan perjalanan ke lingkungan, misalnya ke kebun raya atau ke taman safari.
2.      Belajar di alam terbuka.
3.      Mempelajari kejadian alam seprti gempa bumi, gunug meletus, hujan dan banjir, pasang surut air laut dan apa implikasinya bagi umat manusia.
4.      Mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem.
5.      Mempelajaripengaruh perbuatan manusia manusia terhadap alam, baik itu pengaruh positif maupun negatif, langsung maupun tidak langusng.
6.      Memelihara hewan atau tanaman di sekolah/kelas dan berinteraksi dengan mereka secara rutin.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar